Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lambat atau Lelet

Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lambat atau Lelet
Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lambat atau Lelet. Smartphone Android saat ini menjadi primadona, dengan beragam merek dan harga, tentu bukan hal yang sulit lagi memiliki Smarphone android. dengan spesifikasi yang beragam, tentunya dengan harga yang beragam pula, mulai dari yang murah sampai yang mahal, dan banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas maupun menengah kebawah, tetapi ada satu hal yang membuat para pengguna smartphone merasa terganggu, tidak semua smartphone android memiliki spesifikasi yang mampu menjalankan semua aktifitas yang kita lakukan dengan nyaman.

Kinerja dari Smartphone android menjadi fokus utama para pengguna, dengan beragam aplikasi yang terinstal di Smartphone membuat kinerja Smartphone yang kita gunakan menjadi lambat, belum lagi kapasitas ram yang tidak mampu bekerja dengan baik, karna memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, khusunya bagi smartphone untuk kalangan menengah kebawah, banyak kita jumpai bahkan saya sendiri pernah merasakan, kinerja dari Smartphone tidak maksimal dan lambat, banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, saya akan menjelaskan faktor apa saja yang membuat Smartphone menjadi lambat :

Faktor yang mempengaruhi Kinerja Smartphone Android.

1. Aplikasi yang Menumpuk

Saat ini banyak sekali aplikasi yang di sediakan untuk kebutuhan pengguna Smartphone , dan aplikasi tersebut di dapat dengan cuma-cuma, baik melalui Google Play Store maupun di website-website yang menyediakan berbagai aplikasi android, penggunaan aplikasi yang berlebihan tersebut membuat sistem bekerja semakin keras dan ruang untuk memproses data menjadi sedikit yang mengakibatkan smartphone menjadi lambat. 

2. Kapasitas Ram Kecil

Smartphone kalangan menengah kebawah tidak di bekali dengan Ram yang besar, tidak sesuai dengan kebutuhan si pengguna Smartphone akan aplikasi yang bisa di manfaatkan pada smartphone nya, seperti BBM, Line, Camera 360 dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi berukuran besar yang tidak bisa di jalankan atau di instal sekaligus ke dalam smartphone yang memiliki Ram kecil, terkadang si pemilik smartphone memaksakan menginstal smua aplikasi besar itu dan pada akhirnya smartphone menjadi lambat.

3. Penyimpanan Internal yang Melebihi Batas

Penyimpanan internal ternyata berpengaruh besar terhadap kinerja sistem, apabila penyimpanan internal penuh biasanya ada peringatan "ruang tidak cukup" harap hapus beberapa aplikasi, hal ini juga berdampak pada kinerja Smarphone yang akhirnya menjadi lambat.

Berdasarkan faktor- faktor di atas, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan performa Smarphone agar terhindar dari Smartphone yang lambat, di bawah ini akan di jelaskan bagaimana cara mempercepat kinerja android agar tidak lambat, pastikan temen-temen menyimak dan dapat mempraktikannya agar Smartphone temen-temen tidak menjadi lambat.

Mempercepat Kinerja Android

1. Hapus Aplikasi yang tidak di pakai atau jarang di gunakan.

Cara yang pertama adalah dengan menghapus atau menon aktifkan aplikasi yang tidak digunakan, pasti banyak di antara kita yang menginstal segudang aplikasi tetapi tidak di gunakan dan aplikasi itu terus berjalan di belakang layar dan menyebabkan kerja ram menumpuk, pastikan anda menginstal aplikasi yang anda perlukan saja, tetapi jika Smartphone temen-temen memiliki performa spesifikasi yang baik tentunya tidak menjadi masalah. 

2. Hapus Aplikasi Pembersih Sampah dan Aplikasi Penghemat Baterai.

Banyak sekali aplikasi yang saat ini berfungsi membersihkan smartphone, dan aplikasi-aplikasi tersebut biasanya berukuran besar, saran saya tidak perlu menggunaan aplikasi pembersih sampah atau pengawet baterai, karna bukan memecahkan masalah malah menimbulkan masalah, karna aplikasi tersebut terus berjalan setiap saat dan menambah kerja Ram atau Smartphone kita, tidak perlu menggunakan aplikasi-aplikasi seperti itu yang malah membuat kerja android semakin bertambah.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi yang Tidak Di Perlukan.

Dengan menghapus cache aplikasi anda akan menambah sedikit ruang untuk kerja dari smarphone, lakukan pembersihan cache dan data secara berkala agar aplikasi yang digunakan berjalan maksimal.

4. Pindahkan atau Instal Aplikasi pada Micro SD

Cara yang ke empat adalah dengan memindahkan aplikasi anda yang berada di internal memori ke penyimpanan Micro SD, ini sangat membantu mempercepat kerja dari Smarphone android anda, karna jika memori internal anda penum, kerja sistem android menjadi tidak maksimal.

5. Memberikan ruang Kosong yang banyak pada Memori Internal

Pastikan memori internal anda memiliki banyak tempat yang kosong, jangan menyimpan aplikasi dan foto-foto, file, atau video ke dalam memori internal, rubah settingan penyimpanan kamera ke memori External, atau Micro SD, karna jika memori internal kita penuh, smartphone akan menjadi lambat.

Itulah faktor-faktor yang menimbulkan smartphone menjadi lambat, dan sudah saya jelaskan pula cara agar kinerja smartphone menjadi maksimal dan terhindar dari Smartphone yang lambat, demikianlah penjelasan mengenai Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lambat atau Lelet. semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Berita Terbaru Dari Cariinfo.net Melalui Email Gratis!!: