Cara Menginstal Windows 7 menggunakan Flashdisk

Cara Menginstal Windows 7 menggunakan Flashdisk
Cara Menginstal Windows 7 menggunakan Flashdisk, Pada umumnya untuk menginstal Pc orang-orang banyak menggunakan CD/DVD untuk menginstal komputer atau laptop, untuk instal Pc menggunakan CD/DVD kita memerlukan CD/DVD room. terkadang kita sedikit kerepotan jika ingin menginstal Pc Atau Laptop yang tidak memiliki DVD room, karna instal menggunakan CD/DVD harus memerlukan CD/DVD room, begitu juga untuk menginstal netbook, di tambah lagi laptop keluaran terbaru saat ini banyak yang tidak menggunakan DVD room karna para produsen laptop saat ini banyak mengeluarkan laptop berbentuk Slim, tipis, untuk itu para produsen akhirnya tidak menyertakan DVD room di laptop berukuran Slim. 

Berdasarkan faktor-faktor di atas, sebenarnya ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk menginstal Pc atau laptop tanpa menggunakn CD/DVD. Flashdisk dapat kita gunakan untuk menginstal laptop, jika di bandingkan dengan CD/DVD, instal dengan flashdisk ternyata lebih efektif dan efisien, karna kita hanya memerlukan flashdisk berukuran 4gb, tidak perlu membeli cukup pinjam dengan teman kantor atau teman kuliah, teman sekolah kita sudah bisa menginstal  dengan cepat dan dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama rufus, kita tidak usah repot2 menggunakan DVD room dan juga membeli CD/DVD kemudian memburning nya, cara menginstal menggunakan flashdisk pun sangat mudah, dan jika dibandingkan dengan CD/DVD, menginstal menggunakan Flashdisk lebih cepat.

Untuk menginstal menggunakan flashdisk kita membutuhkan suatu aplikasi bernama rufus, sebelum mengistal menggunakan flashdisk, download terlebih dahulu aplikasi rufus ada dapat mencari di google aplikasi ini, sangat banyak blog yang menyediakan link downloadnya.

Sebelum menjelaskan langkah-langlah menginstal Pc menggunakan flashdisk, kita harus memburning file ISO windows ke dalam flashdisk dengan bantuan aplikasi bernama rufus, aplikasi rufus ini berfungsi untuk memburning file ISO ke dalam flashdisk agar flashdisk dapat kita gunakan untuk melalukan istalasi windows.

Langkah-langkan memburning file ISO ke dalam Flasdisk sebagai berikut :

  • Download Aplikasi Rufus
  • Instal Aplikasi rufus yang telah di download
  • Tancapkan Flashdisk ke Pc/laptop
  • Buka aplikasi Rufus seperti pada gambar berikut.

Cara Menginstal Windows 7, 8 ,10 menggunakan Flashdisk

Jika sudah dibuka, aplikasi rufus akan terbaca flashdisk yang kita tancapkan, saya menggunakan flashdisk toshiba, dapat di lihat di gambar dibawah.

Klik freeDOS kemudian ganti dengan ISO image, kemudain klik icon gambar kaset disebelahnya, akan tampil browser, kemudian anda pilih file ISO anda di direktori tempat anda menyimpan File ISO seperti gambar di bawah ini kemudian klik Open.


Langkah selanjutnya klik Star, kemudian akan ada warning yang memberitahukan bahwa data akan hilang di format, jadi pastikan anda membackup data anda terlebih dahulu.


Kemudian tunggu hingga proses selesai, ini akan memakan waktu yang cukup lama sampai prosesnya selesai, kurang lebih sekitar 15 menit.


Jika Sudah selesai maka tampilannya seperti ini
 

Anda sudah bisa menggunakan flashdisk yang sudah kita format denga aplikasi rufus tersebut, cara menginstal menggunakan flashdisk ini sama persis dengan menggunakan DVD room, perbedaannya hanya terletak pada pengaturan boot pada bios yang biasanya menggunakan DVD sekarang di ubah menjadi USB, cara setting bios untuk menginstal window sudah saya posting pada Cara Mengatur BIOS Komputer Agar Dapat Booting dari USB dan CD/DVD kemudian langkah instalasi setelah setting bios klik...................... NEXT

Dapatkan Update Berita Terbaru Dari Cariinfo.net Melalui Email Gratis!!: