Cara Membersihkan Penyimpanan Internal yang Tiba-Tiba Penuh

Cara Membersihkan Penyimpanan Internal yang Tiba-Tiba Penuh. Tanpa kita sadari, tiba-tiba penyimpanan di perangkat android kita penuh, yang di tandai oleh notifikasi di bar yang menyatakan penyimpanan penuh, pada saat mendownload aplikasi pun tidak dapat menginstal karna penyimpanan internal sudah penuh.

Cara Membersihkan Penyimpanan Internal yang Tiba-Tiba Penuh

Banyak sekali faktor-faktor yang membuat memori internal di smartphone kita menjadi penuh, salah satunya adalah kapasitas memori internal kita yang kecil, kemudian dapat pula di timbulkan oleh banyaknya aplikasi besar yang terinstal di android kita, kemudian dapat pula di timbulkan oleh penyimpanan foto atau video di memori internal dan juga aplikasi atau games yang kita instal di internal, karna banyak smartphone yang tidak bisa menyimpan aplikasi atau games di memori external.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyimpanan internal yang penuh tersebut? ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah penyimpanan internal yang penuh, akan di jelaskan di bawah ini:

Menghapus Cache Aplikasi

Cara yang pertama adalah dengan membersihkan atau  menghapus Cache Aplikasi, cara ini dapat sedikit melegakan memori internal yang penuh, cache bertujuan untuk mempercepat proses aplikasi karna menyimpan data-data yang dibuat setiap menjalankan aplikasi, namun, cache akan terus bertambah sehingga memakan ruang penyimpanan pada smartphone. Oleh karena itu, hapuslah cache secara berkala agar ruang penyimpanan sedikit berkurang.
Untuk menghapus cache dari seluruh aplikasi adalah dengan pergi ke menu Settings > Storage & USB > Cache Data.

Cara Membersihkan Penyimpanan Internal yang Tiba-Tiba Penuh

Namun jika kita menggunakan cara di atas, semua cache data pada aplikasi akan terhapus, disarankan untuk menghapus cache secara manual yaitu satu persatu agar data yang kita anggap penting dan tidak mau di hapus di suatu aplikasi dapat kita lewatkan. cara menghapus cache satu persatu dengan cara pergi ke munu Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Storage > Clear 

Cara Membersihkan Penyimpanan Internal yang Tiba-Tiba Penuh


Memindahkan Data Di Memori Internal ke Memori External

Untuk Membersihkan Penyimpanan Internal yang Tiba-Tiba Penuh kita juga dapat memindahkan data di memori internal ke memori external, cara ini biasanya adalah cara yang paling efektif karna terkadang kita menyimpan data kita di memori internal seperti foto dan lainnya, hal tersebut menimbulkan penuhnya memori internal kita.

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara yang terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan cara menghapus aplikasi yang tidak kita pakai di smartphone kita, aplikasi yang menumpuk dapat membuat memori internal di smartphone kita menjadi penuh, apalagi aplikasi-aplikasi yang tidak di pakai adalah aplikasi berukuran besar, seperti games dan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel