Cara Backup Data Android dengan Aman

Cara Backup Data Android dengan Aman
Cara Backup Data Android dengan Aman. Saat ini Smartphone android sangat banyak diminati dan digunakan di dunia, Smartphone android kini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, Smarphone ini juga dapat di fungsikan untuk bermain games, browsing, Steaming video dan untuk menyimpan data, smartphone android saat ini banyak sekali yang memiliki penyimpanan memori yang besar, para produsen smartphone banyak menyediakan hp dengan kapasitas penyimpanan yang besar, dan hal itu di manfaatkan oleh para pengguna untuk menyimpan banyak data-data seperti, dokumen, foto, video, aplikasi dan masih banyak lagi yang dapat disimpan di smartphone android, karna smartphone android sangat simple untuk di gunakan apalagi kita membutuhkan data yang harus di buka dengan cepat dan sesegera mungkin yang kita simpan dan kita butuhkan sesegera mungkin, jika dibandingkan dengan komputer, untuk membuka data kita harus menghidupkan dulu komputer atau laptop dan memerlukan waktu lama, saat ini Smartphone kerap di jadika tempat penyimpanan oleh para penggunanya. di samping itu, smartphone android dapat mengalami banyak kendala, contonya kerusakan software, atau gangguan pada OS yang mengharuskan kita untuk benar-benar menjaga agar data-data di dalamnya tetap aman.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada smartphone, baik itu karna smarphone sudah cukup lama di gunakan atau umur dari smartphone, terkena virus dan mungkin dapat rusak karna penggunaan, dan data didalamnya dapat hilang begitu saja, terkadang smartphone yang sudah lambat membutuhkan pembersihan data dengan cara setting ulang ke pengaturan pabrik, untuk melakukan hal itu, data-data yang ada di dalam smartphone akan hilang jika tidak di backup.

Banyak cara untuk membackup data pada smartphone, dapat menggunakan USB yang di hubungkan di PC dan data di dalamnya di copi ke PC, namun sangat sulit untuk membackup data-data di dalam smartphone karna tempat penyimpananya terpisah sehingga kita harus memilih satu demi satu untuk membackupnya dan untuk aplikasi tidak dapat di copy langsung, backup juga dapat dilakukan dengan bantuan google drive, kita memerlukan koneksi internet yang cepat untuk membackup data-data kita, dan selain itu kita juga harus memiliki akun google untuk masuk ke google drive, kali ini saya akan menjelaskan cara backup data android yang mudah yang sebenarnya sudah ada pada smartphone android, kita tinggal mengikuti langkah langkahnya.

Cara Backup Data Android dengan Aman

Dari sekian banyak cara membackup data android, sebenarnya ada cara yang paling mudah dan aman digunakan yaitu google Backup. google Backup adalah fitur backup yang telah disediakan oleh smartphone android, dengan membackup data kita dengan google backup, aplikasi-aplikasi yang terinstal, kontak, dan kalender akan di backup dan pada saat kita melakukan pengaturan publik data -data tersebut akan otomatis terinstal, namun jagan lupa untuk membackup data-data seperti foto, video dan dokumen ke micro sd, untuk lebih mengamankan data. untuk melakukan backup kita hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut denga cara sebagai berikut:
  • Di menu Setting ke bagian Personal kemudian klik menu Back Up and Reset Kemudian akan ada pilihan Back Up and Restore, Centang atau geser pada bagian tersebut menjadi ON 
  • Kembali ke menu Setting, ke bagian Personal 
  • Pilih Account tau Account and Sync tergantung jenis hp, pilih akun Google yang temen-temen gunakan pada perangkat Android.
  • Kemudian jalankan proses Sync jika sudah selesai akan ada daftar data yang telah disinkron kan.

Backup Data Android menggunakan aplikasi

Cara Backup Data Android lain yang dapat kita lakukan untuk membackup data android yaitu dengan menggunakan aplikasi. Kita akan backup data android dengan menggunakan aplikasi, aplikasi yang digunakan adalah Helium. Aplikasi ini berfungsi membackup data, file, pengaturan, game dan data aplikasi yang sudah ada, dan dapat dilakukan tanpa root hp terlebih dahulu.
  • Caranya adalah download dan instal Helium dari google play store di Smartphone dan Tablet Android yang akan dibackup.
  • Kemudian kita juga harus mendownload dan menginstal Helium versi PC/laptop.
  • langkah selanjutnya adalah aktifkan mode USB Debug di hp Android temen-temen.
  • Kemudian koneksikan hp android ke PC menggunakan kabel USB.
  • Jalankan Helium yang ada dan terinstali di PC.
  • Pada layar hp Android akan muncul "Allow USB debugging?" kemudian akan muncul RSA key, kemudian tap OK.
  • Selanjutnya akan ada pesan "Helium has been enabled on your Android" artinya proses backup siap dimulai kemudian ikuti saja perintah dan langkah-langkahnya.

Baca Juga :

Jika sudah selesai maka data anda sudah terbackup di google backup, temen-temen bisa mereset hp android temen-temen atau ingin melakukan kembali ke pengaturan pabrik. sekian mengenai Cara Backup Data Android dengan Aman, semoga dapat bermanfaat.

Dapatkan Update Berita Terbaru Dari Cariinfo.net Melalui Email Gratis!!: