Dua Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna Terbaru

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna Terbaru. Halo sobat cariinfo.net pengguna printer, apakah kamu sedang mengalami masalah printer yang hasil warnanya tidak sempurna, ada beberapa faktor yang memyebabkan warna tinta printer tidak sempurna atau bergaris dan sebagainya. faktor yang mendasar adalah ketika tinta setelah di isi ulang, biasanya hasil cetakan tidak sempurna.
Dua Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna Terbaru
Dua Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna Terbaru
Penyebab hasil cetakan tidak sempurna adalah karena penyumbatan tinta pada mulut cartridge sehingga tinta yang keluar tidak berjalan dengan baik yang menyebabkan hasil dari cetakan dokumen tidak sempurna. untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan agar hasil cetakan dapat maksimal kembali, yang pertama adalah dengan melakukan cleaning dan yang kedua jika warna tetap tidak bagus adalah dengan merendam cartridge dengan air hangat, untuk langkah-langkahnya sebagain berikut ini.

Dua Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna


  1. Langkah pertama pergi ke bagian setting printer atau buka aplikasi ms.word kemudian Print dengan cara Ctrl + P pada dokumen word. 
  2. Selanjutnya pada jendela baru klik properties yang berada di sebelah kanan atas jendela prin.
  3. Selanjutnya pilih maintenance dan temukan Cleaning. Cleaning akan memproses penyumbatan pada cartridge dan mengatasi tinta yang membeku pada lobang cartridge.
  4. Ulangi Cleaning beberapa kali agar hasil cetakan yang tidak sempurna teratasi. selanjutnya kamu dapat mengklik Nozzle Check untuk mengecek apakah tinta sudah keluar dengan sempurna.
  5. Yang terakhir pilih Print Check Pattern. ini akan bekerja menyemburkan tinta ke kertas dengan warna hitam, merah, biru dan  kuning.
  6. Jika hasil cetakan dari warna masih tidak sempurna atau terputus, maka ulangi proses cleaning. hingga cetakan benar-benar sempurna.
  7. JIka hasil cetakan masih tidak bisa sempurna, kamu dapat memilih Deep Cleaning. cara kerjanya sama dengan cleaning, namun dengan tingkatan yang lebih tinggi.
  8. Kamu dapat mengetes hasil dari deep cleaning dengan kembali mengklik Nozzle check, sama seperti Cleaning, lakukan Deep Cleaning hingga beberapa kali sampai tinta yang keluar benar-benar sempurna.


Jika printer tetap tidak mengeluarkan warna dengan sempurna, lakukan cara kedua yaitu dengan cara merendam bagian mulut cartridge dengan air hangat.


  1. Siapkan Air hangat, tisu atau kain lap.
  2. Ukuran air hangat jangan sampai merendam keseluruhan cartridge, cukup ambil air hangat sebanyak 1 - 1,5 cm 
  3. Rendam Cartridge dengan air hangat beberapa saat selama 5 sampai 10 menit, setelah itu keringkan cartridge menggunakan tisu atau kain lap sampai benar-benar kering. 
  4. Perendaman cartridge ini agar tinta yang mengering pada cartridge menjadi encer dan laju tinta untuk keluar dari cartridge menuju dokumen menjadi lancar.
  5. Pasang kembali cartridge pada printer dan tes print, maka seharusnya printer sudah mencetak dengan maksimal, jika cartridge tidak berjalan dengan maksimal, isi cartridge dengan tinta dan ulangi perendaman.


Jika printer tetap mengeluarkan tinta yang tidak sempurna, ada kemungkinan cartridge kamu mengalami kerusakan, coba untuk menggunakan cartridge baru atau menggunakan cartridge  lain untuk menjajal hasilnya. demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, jangan lupa share like dan komen Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna Terbaru ini.

0 Response to "Dua Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel