Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Ke Cartridge

Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Ke Cartridge. Penggunaan Infus pada printer sangat bermanfaat, selain membuat Cartridge menjadi tahan lama, juga mempermudah pengisian tinta karna tidak susah-susah untuk menyuntikannya ke dalam Cartridge, namun dalam beberapa kasus penggunaan infus dapat menyebabkan tinta tidak mengalir ke dalam Cartridge.

Hal ini membuat Cartridge menjadi kering dan dapat mengakibatkan penyumbatan apalagi jika jarang digunakan, Cartridge yang tidak mengalir dengan sempurna disebabkan adanya udara di antara tinta pada selang infus sehingga menyebabkan jalur tinta terhambat oleh udara yang menyebabkan tinta tidak mengalir ke Cartridge dengan sempurna, oleh karena itu kita harus membuang udara yang terdapat pada selang printer.

Masuknya udara ke dalam selang infus disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya pada saat mengisian dan setelah mengisi lupa untuk menutup tabung infus dan ada faktor lain yang juga menyebabkan adanya udara pada selang sehingga tinta tidak mengalir ke Cartridge, berikut ini cara mengatasinya.
Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Ke Cartridge
Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Ke Cartridge
Untuk mengatasi Tinda printer tidak mengalih ke Cartridge, pastikan kamu mengecek beberapa komponen seperti selang yang masuk ke Cartridge, apakah sudah terpasang dengan benar, dengan cara mengeluarkan Cartridge kemudian mengecek selang yang tertancap di Cartridge apakah terdapat kerenggangan sehingga menyebabkan udara masuk.

Kemudian cek juga selang yang dipasang pada tabung, apakah ada kerenggangan, dan juga lihat penutup tabung infus, jika kedua penutup tabung infus terbuka kamu harus menutupnya, untuk lubang penutup yang kecil di buka pada saat kamu ingin mencetak dokumen dan yang besar untuk mengisi tinta, jika printer tidak digunakan sebaiknya tutup keduanya agar udara tidak masuk ke dalam tabung dan membuat selang berudara.

Langkah awal untuk mengeluarkan angin yang masuk ke dalam selang yang mengakibatkan tinta tidak mengalir ke Cartridge adalah sebagai berikut ini.

  1. Siapkan suntikan tanpa jarum, tisu atau kain untuk mebersihkan tinta, 
  2. Keluarkan Cartridge dan beri tisu sebagai penadah untuk mecegah tinta jatuh ke lantai
  3. Buka penutup lubang yang besar pada tabung infus
  4. Pilih bagian warna apa yang tintanya tidak mengalir sempurna dengan mengecek selang infus.
  5. Sebelum memasukan suntikan, tarik suntikan terlebih dahulu sama seperti menyedot tinta namun tanpa tinta, beri tekanan pada lubang besar tabung infus dengan suntikan yang kosong tanpa tinta sampai tinta mengalir mengisi semua bagian pada selang, lakukan terus menerus sampai tidak tersisa udara lagi pada selang.
  6. setelah itu tutup penutup tinta yang besar dan buka penutup tinta yang kecil.
  7. lakukan pembersihan dengan cleaning sampai hasilnya benar-benar sempurna.

Sebenarnya sudah ada alat untuk mengatasi tinta yang tidak mengalir atau untuk mengeluarkan angin dan penyumbatan pada selang dan Cartridge, di toko-toko komputer atau online shope kamu dapat menemukannya, alatnya bernama refiil tool kit, tersedia dengan berbagai jenis Cartridge, penggunaanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasangkan refiil tool kit pada Cartridge dan kemudian tarik menggunakan suntikan yang biasanya juga tersedia di paket pembelian.

Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Ke Cartridge
Refiil Tool Kit
Sebenarnya lebih ampuh dengan menggunakan refiil tool kit, karna tinta yang tersumbat, kering dan sebagainya dapat di atasi dengan refiil tool kit. demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat, dan dapat mengatasi tinta printer yang tidak mengalir ke Cartridge, jangan lupa share ya.

0 Response to "Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Ke Cartridge"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel