Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon Mp287

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon Mp287. Beberapa kendala yang akan kita hadapi saat menggunakan printer terutama printer Mp287 salah satunya adalah Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon Mp287, dengan pemakaian yang rutin, bahkan jarang, printer sering mengalami kenda yang tidak di inginkan seperti tinta hitam tidak keluar.

Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon Mp287
Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon Mp287
Pada Printer canon Mp287, saat tinta tidak keluar, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa tinta tidak dapat keluar dengan baik Pada Printer canon Mp287, memerapa faktor akan mempengaruhi terjadinya hal tersebut, seperti tinta habis, cartridge rusak maupun ada penyumbatan, semuanya harus kita perhatikan terlebih dahulu untuk mencari penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan lakukan agar Tinta hitam pada Printer canon Mp287 dapat keluar seperti biasa.

1. Cek Keadaan tinta
Kamu dapat mengecek apakah tinta masih ada atau sudah habis, biasanya ada peringatan pada saat tinta habis, baik menggunakan infus atau tidak, kamu pastikan tinta tidak dalam keadaan habis.

2. Cek Mulut Cartridge dan Selang Tinta
yang kedua kamu bisa cek pada mulut cartridge, apakah ada tinta yang luber dan mengenai kuningan chip yang beroperasi sebagai menghubung catridge dengan printer, pastikan juga selang pada priter sudah dalam keadaan baik dan tidak menghambat jalan tinta.

3. Cek Udara pada selang tinta.
Kamu harus mengecek selang tinta apakah ada udara yang menghalangi jalannya tinta sampai ke cartridge, dengan cara mengecek selang tinta berwarna hitam, cek apakan tinta terputus-putus, jika tinta terputus, putus, kamu harus membuat udara yang ada di selang dengan cara memberi tekanan dengan jarum suntik tanpa jarum ke pangkal selang sampai udara benar-benar hilang.

4. Lakukan Cleaning pada printer
Proses maintenance adalah hal terakhir yang harus kamu lakukan agar tinta hitam pada printer Canon Mp287 dapat keluar dengan baik, dalam proses maintenance, yang bisa kamu lakukan antara lain adalah head clean, deep clean, nozzle check, dan lain sebagainya. berikut ini cara Cartridge yang tepat.

Print Head Cleaning

  • Nyakalan printer, dan tekan tombol Settings (gambar Tang dan Obeng) sebanyak 3 kali sampai muncul huruf "Y" pada display;
  • Kemudian dengan menakan tombol Start Black (untuk print head cleaning cartridge black/hitam).
  • Jika terdengar suara mesin printer, maka proses print head cleaning sedang berjalan. Tunggu hingga suara mesin berhenti.


Print Nozzle Check

  • Setelah melakukan print head cleaning atau menarik / membuang tinta dari dalam cartridge, Selanjutnya kamu dapat melakukan pengecekan hasil print head cleaning, dengan cara berikut:
  • hidupkan printer, Tekan tombol Settings (gambar Tang dan Obeng) sebanyak 1 kali;
  • Berikutnya dengan menekan tombol Start Black untuk proses Print Nozzle Check.


Jika hasilnya masih terdapat garis putus-putus pada hasil print nozzle check tinta hitam, kamu dapat mencoba mengulangi Print Head Cleaning beberapa kali sampai tinta hitam benar-benar keluar dengan baik.

5. Cek kondisi Cartridge
Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas namun hasilnya tetap tidak maksimal, kamu harus mengecek cartridge kamu, kamu bisa menggunakan cartridge dari printer lain untuk mengecek apakah cartridge kamu bermasalah, jika cartridge rusah, jalan satu satunya adalah mengganti cartridge.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga dapat membantu kamu yang sedang mengalami tinta hitam tidak keluar pada printer Canon Mp287, semoga berhasil dan memberikan manfaat, selamat mencoba dan jangan lupa di share.

0 Response to "Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon Mp287"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel