Cara Mudah Reset Dan Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365

Cara Mudah Reset Dan Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365. Untuk kamu para pengguna printer Epson terutama yang menggunakan printer Serie L, terkadang kendala sering kali muncul dalam pencetakan, permasalahan pada printer epson tersebut biasanya ditandai dengan berkedipnya lampu indikator berwarna yang ada pada printer Epson L130, L220, L310, L360, Maupun L365 dan kamu harus mengetahui cara Reset printer jenis tersebut.

Cara Mudah Reset Dan Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365
Cara Mudah Reset Dan Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365
Yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu adalah, beberapa penyebab yang dapat menimbulkan munculnya lampu peringatan yagn berkedip pada printer tersebut, nah penyebabnya bisa saja terjadi akibat dari tinta yang ada pada tabung sudah habis, cartridge kotor, renggang, mengalami kerusakan, paper jam atau terdapat kertas di dalam roller, dan yang terakhir adalah cetakan kertas mungkin telah mencapai batas maksimal (over print) dan masih banyak penyebab lain.

Nah jika printer epson kamu tidak dapat melakukan pencetakan seperti biasa yang ditandai dengan lampu indikator yanga ada di printer menyala secara berkedip-kedip atau blink, kamu harus memperhatikan beberapa kondisi pada bagian-bagian printer dimana ini akan berpengaruh terhadap keadaan printer yang kamu gunakan, dan dapat menjadi penyebab terjadinya masalah pada printer kamu. 


  1. Yang pertama kamu harus mengecek tinta pada tabung printer, jika tinta sudah habis segera lakukan pengisian kembali tinta sesuai dengan warna yang habis
  2. Kemudian kamu bisa mengecek cartridge di dalam printer, pastikan cartridge bersih, tidak ada kotoran yang menempel dan cek posisinya cartridge , apakah sudah terpasang dengan baik.
  3. Lihat roller printer, jangan sampai ada kertas yang menyangkut (paper jam).


Jika kamu sudah melakukan pengecekan sesuai dengan langkah-langkah yang ada di atas, dan ternyata printer masih tidak bisa difungsikan sebagaimana menstinya, artinya kamu harus melakukan reset pada printer Epson yang kamu gunakan, hal ini berguna agar semua data-data yang disimpan di memori printer dapat di kembalikan ke pengaturan awal seperti pertama kali kita menggunakan printer. dan ini juga berguna jika printer sudah melebihi batas pencetakan.

Untuk melakukan reset pada printer Epson L, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan melakukan reset secara manual atau reset menggunakan Software resetter, keduanya biasanya berjalan dengan baik hampir di semua printer epson seri L, yaitu L130, L220, L310, L360, dan juga L365. Untuk langkah-langakanya sendiri kamu bisa ikuti urutanya sebagai berikut ini.

1. Reset Secara Manual


Cara ini terbilang sangat mudah untuk di terapkan di semua printer Epson L130, L220, L310, L360, L365, karna kita tidak perlu menggunakan bantuan software resetter untuk melakukan reset, untuk langakh-langkahnya sendiri sebagai berikut ini.

  1. Pertama kamu bisa mencabut kabel power 3-5 menit.
  2. Kemudian nyalakan kembali printer dan tunggu hingga posisi printer menyala dengan sempurna.
  3. Selanjutnya kamu bisa, tekan dan tahan tombol resume selama 5 detik, kemudian lepaskan.
  4. Tekan dan tahan tombol resume kembali selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai.
  6. jika berhasil, lampu indikatornya akan berhenti berkedip.


2. Reset Menggunakan Software Resseter.


  1. Download Software Resetter Disini.
  2. Sambungkan kabel printer ke komputer.
  3. Selanjutnya jalankan aplikasi resetter.
  4. Klik tombol "Select" pilih jenis printer pada "Model Name" dan Port USB yang digunakan, namun disarankan lebih baik memilih "Auto Selection" saja. Setelah itu klik "OK".
  5. Kemudian, klik "Particular Adjustment Mode" dan pilih "Waste ink pad counter" selanjutnya klik "OK".
  6. Di menu berikutnya,kamu bisa centang pada "Main pad counter", dan klik "Check". 
  7. Printer akan memberikan informasi mengenai printer
  8. Selanjutnya, Centang kembali pada "Main pad counter" dan klik "Initialization". Tunggu hingga proses selesai.
  9. Setelah itu di layar akan ada notifikasi "Please Turn On dan Turn Off your printer". 
  10. Sekarang kamu bisa matikan dan hidupkan kembali printer.
  11. Selesai.


Sampai disini seharusnya kamu sudah bisa menggunakan printer kamu seperti sedia kala dan lampu indikator tidak akan berkedip lagi yang menandakan printer sudah baik kembali, untuk catatan, cara di atas admin terapkan pada printer Epson L210, dan cara di atas berhasil dengan baik, demikian Cara Mudah Reset Dan Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365, semoga dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Reset Dan Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel