Tipe – tipe Aplikasi HRIS yang Paling Diminati oleh Perusahaan

Tipe – tipe Aplikasi HRIS yang Paling Diminati oleh Perusahaan. Perusahaan dapat berjalan karena adanya sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan potensi yang sangat besar. Sumber daya ini harus dikelola dengan baik dan juga maksimal agar mampu terus menghasilkan pekerjaan yang maksimal dan juga optimal. Pengelolaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan biasanya dilakukan oleh bagian HR atau Human Resource. Pekerjaan ini bisa dibantu dengan sebuah solusi yaitu dengan penggunaan aplikasi HRIS (Human Resource Information System).

Tipe – tipe Aplikasi HRIS yang Paling Diminati oleh Perusahaan
Tipe – tipe Aplikasi HRIS yang Paling Diminati oleh Perusahaan
Aplikasi HRIS atau Human Resource Information System adalah sebuah aplikasi yang memiliki berbagai fungsi dan juga kegunaan dalam mengatur sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan data karyawan, bisa dalam hal absensi, pengembangan skill, penggajian, dan semua yang berhubungan dengan data – data HR.

Manfaat HRIS Untuk Perusahaan

Tentunya perkembangan teknologi memicu juga perkembangan berbagai bidang lainnya, salah satunya adalah aplikasi HRIS. Software dan aplikasi HRIS mulai banyak dikembangkan dan juga karena memiliki beragam dan beraneka manfaat. Berikut ini adalah Manfaat HRIS untuk Perusahaan :

  • Pekerjaan manajemen HRD lebih efektif dan efisien.
  • Data yang mudah dilihat, digunakan, dikelola sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang banyak.
  • Pengembangan strategi dari segi HR lebih terencana karena bisa melihat berdasarkan data real-time yang ada.
  • Kontrol yang lebih maksimal kepada sumber daya manusia yang ada.
  • Sistem transparan dimana karyawan juga ikut berpartisipasi dalam manajemen HR.

Manfaat lainnya pun masih ada banyak, tapi kurang lebih manfaat yang paling dirasakan adalah manfaat di atas. Jika berkaca dari manfaat HRIS di atas tentunya aplikasi HRIS haruslah anda gunakan untuk perkembangan perusahaan anda. Adapun beberapa tipe – tipe aplikasi HRIS memang beragam dan banyak jenisnya. 

Aplikasi HRIS Yang Paling Diminati Oleh Perusahaan

Aplikasi HRIS bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya, dan berikut ini adalah jenis aplikasi HRIS yang paling diminati perusahaan.

1.Aplikasi HRIS Operasional

Aplikasi HRIS yang satu ini sangat diminati oleh perusahaan karena sistem ini bisa mengatur semua pekerjaan yang berhubungan dengan operasional perusahaan. Aplikasi HRIS operasional ini mengatur berbagai komponen layaknya administrasi karyawan, absensi karyawan, sampai ke sistem penggajian dan juga payroll.

Aplikasi HRIS ini wajib dimiliki oleh perusahaan dan bisnis yang ingin lebih efektif dalam mengelola pekerjaan manajemen HR dengan lebih efektif dan efisien.

2.Aplikasi HRIS Planning Recruitment

Jenis aplikasi HRIS kedua adalah planning recruitment. Di dalam sebuah perusahaan tentunya ada sebuah strategi yang harus dilakukan dalam proses recruitment dan juga succession. Aplikasi ini berguna untuk mempermudah proses ini. Dengan menggunakan aplikasi HRIS planning recruitment ini tentunya akan sangat memudahkan bagi manajemen untuk mengelola perencanaan recruitment hingga ke tahap training.

3.Aplikasi HRIS Performance Tracking and Report 

Di aplikasi jenis ini digunakan untuk melihat potensi dan juga berbagai komponen performa dari karyawan yang bekerja di perusahaan anda. Aplikasi ini digunakan untuk tracking dan memantau performa, perkembangan, hasil kerja, dan juga berbagai komponen lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membuat laporan sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan.

Laporan data dari performa ini akan dijadikan pedoman bagi perusahaan untuk melakukan dan merencanakan strategi baru untuk perkembangan perusahaan dan bisnis ke depannya. Selain itu, laporan ini juga berguna sebagai ukuran dan pedoman perusahaan apakah strategi HR yang diterapkan sudah berjalan dengan baik atau belum.

Kesimpulan

Aplikasi HRIS memang sangat beragam dan juga memiliki bermacam fungsi sesuai dengan kebutuhan masing – masing perusahaan. Anda harus mengetahui dahulu kebutuhan HR yang sangat urgent terlebih dahulu sebelum menentukan jenis software HRIS yang bermanfaat untuk perusahaan anda. 

LinovHR memberikan berbagai pilihan modul dan juga fitur yang bisa anda sesuaikan untuk dijadikan aplikasi hris anda. Manfaat dari personalisasi software ini tentunya akan memberikan manfaat yang sangat besar, karena anda menentukan fitur aplikasi HRIS berdasarkan dengan kebutuhan perusahaan anda. 

Selain itu LinovHR juga memberikan percobaan gratis sebelum anda menggunakan software ini, dengan begitu anda bisa langsung mencoba secara langsung sebelum membeli layanan software HRIS.

0 Response to "Tipe – tipe Aplikasi HRIS yang Paling Diminati oleh Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel