Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris

Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris. Dalam penggunaannya, printer sering mengalami masalah yang menyebabkan pekerjaan terhambat, salah satu kasus yang sering terjadi adalah pada saat melakukan print dokumen, hasil cetakan dari dokumen tidak sempurna yaitu hasil cetakan dokumen bergaris dan tentunya masalah ini membuat kita mengeluhkan hasil cetakan

Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris
Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris
Penyebab  dari hasil cetak bergaris adalah dikarenakan ada masalah dengan jalannya tinta maupun head yang ada di dalam printer. hal ini harus kita ketahui penyebabnya dan juga cara mengatasinya, agar kita lebih mandiri dalam memperbaiki printer yang sifatnya tidak fatal dan bisa di perbaiki sendiri tanpa harus menggunakan jasa serviece yang tentunya akan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya

Lalu apa sebenarnya penyebab printer yang kita gunakan hasil cetakannya bergaris ? yang pasti ada kesalahan pada printer sehingga meyebabkan printer tidak dapat mencetak dengan sempurna, untuk mengetahui lebih detai cara mengatasi hasil cetak bergaris, silahkan baca artikel ini sampai habis dan jika bermanfaat silahkan share ke teman teman kita yang membutuhkan.

Menurut pengalaman yang saya alami dan juga beberapa kasus yang dirasakan beberapa teman-teman kita, hasil cetakan seperti ini bisa terjadi pada printer merek apa saja, baik itu canon, epson, Hp, mupun printer Brodher dan untuk mengatasinya kamu bisa menerapkan beberapa penjelasan dibawah ini dengan mudah.

Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris


Tinta Printer

Yang pertama yang perlu kalian perhatikan adalah penggunaan tinta printer yang sesuai dengan jenis printer yang digunakan, karna pada dasarnya, tinta printer memiliki jenis dan kekentalan yang berbeda dan hal ini dapat mempengaruhi hasil cetakan, pastikan kamu menggunakan tinta yang sesuai dengan printer karna tinta yang terlalu kental dan terlalu encer dapat menyebabkan kualitas cetak tidak maksimal bahkan dapat bergaris-garis atau tidak sempurna hasil cetakannya.

Nah jika printer kamu mengalami masalah pada head karna hasil cetaknya bergaris, langkah awal yang harus kalian lakukan adalah memperhatikan tinta printer, coba untuk menggunakan printer dengan kualitas yang baik atau minimal tinta yang sesuai dengan printer yang kalian gunakan, jangan sekali-kali menggunakan tinta yang tidak sesuai degan printer, jika itu terjadi cobalah mengganti tinta dengan tinta yang sesuai dan memiliki kualitas yang bagus untuk hasil cetaknya seperti Blueprint dan masil banyak lagi, atau lebih bagus menggunakan tinta asli dari printer.


Udara Pada Cartridge/Head

Nah yang satu ini sepele namun sangat mempengaruhi hasil cetak, bukan hanya bergaris, hasil cetakan dapat lebih buruk karna tinta yang berjalan terhambat oleh udara dan mengakibatkan proses pencetakan tidak maksimal karna tinta tidak mengisi bagian-bagian pada Cartridge/Head, oleh karena itu kalian harus memperhatikan apakah ada rongga udara yang menghambat tinta dan jangan sampai telat mengisi tinta karna udara akan mudah masuk, apalagi jika kamu menggunakan printer yang menggunakan tabung tinta, untuk mengatasinya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Untuk mengatasi udara yang masuk dan menghambat kerja printer, kita harus melakukan penyedotan secara manual untuk membuang semua udara dan mengisinya dengan tinta, dengan cara berikut ini.

Matikan Printer

Geser Head menggunakan tangan dan selanjutnya lepaskan cartridge dari head pada printer secara keseluruhan,  berikutnya dengan menggunakan suntikan bekas, kalian masukkan ujung atau mulut suntik ke dalam mulut bagian bawah cartridge. lakukan penyedotan , atau kalian bisa menggunakan alat penyedot tinta yang banyak di jual di toko komputer atau online shope, sedot secara keseluruhan udara sampai tidak ada lagi gelembung udara yang tersisa. Selanjutnya pasang kembali cartirdge pada head printer Lakukan pencetakan untuk mengetahui hasilnya.

Head Tersumbat

Head yang tersumbat merupakan penyebab utama yang menyebabkan terjadinya masalah hasil cetak bergaris pada printer, karna tinta yang keluar dari mulut cartridge tidak lancar keluar, biasanya masalah seperti ini di sebabkan karena korosi, Mulut Head kotor, ini di sebabkan oleh Tinta yang mengeras ataupun di sebabkan karena beberapa kotoran lain, sehingga menutupi lobang-lobang nozle saat printer melakukan pencetakan. dan solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara berikut ini :

Untuk Printer Canon Silahkan anda lihat Mengatasi Head Printer Canon Tersumbat 
Untuk Printer Epson Silahkan anda Baca Membershkan Head Printer Epson 

Nah itulah beberapa penyebab dan Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris. , semoga bermanfaat dan dapat kalian ikuti dengan benar dan berhasil, jika artikel ini berguna menurut kalian, silahkan bagikan ke teman-teman kalian melalui media sosial dan media laiinya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel