Cara Menghilangkan Mode Headset di hp Android yang Aktif Meskipun Headset Tidak Terpasang

Cara Menghilangkan Mode Headset di hp Android yang Aktif Meskipun Headset Tidak Terpasang. Pernah mengalami pada saat menggunakan smartphone android baik itu merek Xiaomi, Oppo maupun vivo, Headset masih terbaca terpasang, padahal tidak ada heatset yang terpasang., ini pernah saya alami ketika menggunakan perangkat dari xiamoi.

Cara Menghilangkan Mode Headset di hp Android yang Aktif Meskipun Headset Tidak Terpasang.
Cara Menghilangkan Mode Headset di hp Android yang Aktif Meskipun Headset Tidak Terpasang
Memang permasalahan ini sering di alami oleh pengguna android, ini merupakan permasalahan umum yang sering terjadi, namun hal ini nampaknya sedikit membuat para pengguna smartphone android sedikit panik dan bingung karna headset tidak dalam keadaan terpasang, namun mode headset masih saja aktif.

Saat mode heatset ini aktif, otomatis Mikrophone dan speaker akan dimatikan dan di alihkan ke mode Headset, dan hanya bisa di dengan melalui headset, namun pada kenyataannya headset tidak dalam keadaan terpasang, ini tentunya sangat menyulitkan para pengguna smartphone untuk mengoprasikan telpon karna audio sedang di alihkan di mode headset.

Pengguna tidak akan bisa memutar musik, memutar video, maupun rekaman suara tentu saja hal ini menyulitkan pengguna, aktifnya mode headset ini sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa hal dan cara mengatasinya pun tidak bisa dengan mudah, kita harus mengidentifikasi masalah yang ditimbulkan, yang mengakibatkan Mode headset ini aktif meskipun tidak terpasang di smartphone yang kita gunakan.


Cara Menghilangkan Mode Headset di hp Android

Dari permasalahan di atas, ada tiga penyebab terjadinya masalah ini, dan dibawah ini adalah penyebab mengapa mode headset masih aktif meskipun Headset tidak Terpasang.

1. Kesalahan Sistem

Mode headset yang aktif meskipun headset tidak terpasang salah satu penyebabnya adalah kesalahan sistem pada perangkat android kita khususnya pada bagian audio, karna bisa saja sistem salah mengidentifikasi perangkat yang telah terhubung sebelumnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa masuk ke Settings > Sound and Vibration > Audio Settings, Kemudian pilih salah satu tipe headset dari daftar yang ditampilkan. Pasangkan headset yang kamu miliki ke perangkat, kemudian lepaskan.

Pada perangkat dengan sistem yang lebih baru, kita dapat mencari opsi ini di bagian Settings > Additional Settings > Headphones & audio effects. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah seperti di atas.

selain itu kamu juga bisa mencoba untuk restart perangkat kamu dan juga memperbarui sistem operasi, atau bahkan melakukan flash diperlukan.

2. Port Jack Audio Kotor

Permasalahan diatas juga bisa di akibatkan karena Port Jack Audio Kotor, hal ini dapat menggangu perangkat headset yang akan terhubing ke hp kamu, untuk itu kamu perlu membersihkan bagian lubang Jack Audio.

Kamu bisa membersihkan lubang jack menggunakan bahan-bahan yang lunak, seperti  Cutton Bud ( pembersih telingan ) atau bahan-bahan lunsk lain yang dapat masuk ke lubang jack dan jika terjadi karna masuk air, kamu bisa mengeringkan saja. dalam proses pembersihan ini kamu harus berhati-hati karna dapat saja merusak komponen lainnya yang ada dalam perangkat smartphone kamu.

3. Komponen Audio Ada yang Rusak

Nah masalah yang paling fatal adalah permasalahan yang  diakibatkan adanya kerusakan komponen seperti IC audionya dan lainnya yang berhubugan dengan audio. Untuk penyebab yang terakhir ini, ada baiknya kamu membawa Ponsel kamu ke servis Center atau teknisi smartphone yang kamu ketahui.

1 Response to "Cara Menghilangkan Mode Headset di hp Android yang Aktif Meskipun Headset Tidak Terpasang"

  1. Tanks hu tutorialnya,, hp saya juga pernah mengalaminya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel