Begini Tips Perawatan Kendaraan Suzuki Yang Disarankan

Suzuki indonesia

Merawat mobil merupakan kegiatan penting yang harus diperhatikan, termasuk pada kendaraan Suzuki Indo. Dalam hal ini, ada banyak cara merawat mobil yang bisa Anda terapkan, mulai dari perawatan bagian interior hingga eksteriornya.

Pada pembahasan kali ini, akan dibagikan beberapa tips bagaimana cara merawat kendaraan Suzuki dengan baik. Perawatan ini bisa dilakukan pada kendaraan roda dua maupun roda empat. Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa dicoba.

Mencuci Kendaraan Secara Rutin

Mencuci kendaraan merupakan cara perawatan kendaraan yang paling mudah dilakukan. Kegiatan ini umumnya dilakukan pada bagian luar kendaraan untuk membersihkan dari kotoran berupa debu, jamur, lumpur, dan sebagainya.

Gunakan sabun khusus dalam pencuciannya seperti sabun cair untuk menghilangkan noda dengan baik. Selain itu, pakai lap atau kain yang basah untuk menghilangkan noda menempel dan lap kering untuk membilas permukaan mobil yang sudah dibersihkan.

Selain membersihkan bagian luar, bagian dalam kendaraan pada mobil seperti karpet, jok, dan dashboard juga bisa dicuci. Guyur bagian-bagian tersebut dan bersihkan dengan sikat serta sabun. Kemudian, bersihkan hingga kotoran yang menempel benar-benar bersih. 

Menghilangkan Jamur

Kotoran berupa jamur menjadi jenis kotoran yang agak sulit dibersihkan. Untuk menghilangkannya harus menggunakan sabun anti jamur dan membersihkannya dengan air bersih dan lap yang bersih. Jamur akan membuat penampilan kendaraan tidak berkilau dan cepat kotor jika tidak segera dibersihkan.

Agar terjaga dari serangan jamur, pastikan kondisi kendaraan selalu dalam keadaan kering. Jika kendaraan basah akibat terkena hujan atau siraman air, segera bagian basah tersebut dengan kain kering yang bersih. Jika kendaraan tidak digunakan, sebaiknya tutup saja dengan kain atau penutup lain.

Menjaga Kebersihan Ruang Mesin

Bagian dalam kendaraan produk dari Suzuki Indo yang berupa mobil, seperti ruang mesin juga perlu dirawat. Untuk merawat komponen-komponen yang vital tersebut, maka harus membawanya ke bengkel. Dengan melakukan servis, Anda bisa sekaligus mengecek bagian-bagian penting lain kendaraan.

Merawat Jok pada Mobil

Suzuki indonesia
Untuk merawat jok mobil, selalu bersihkan dengan lap basah dan kering secara berkala. Hal tersebut untuk membersihkan kotoran yang menempel. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan kembali pada sela-sela.

Jika jok mobil berbahan kain, jangan menumpahkan cairan pembersih secara berlebihan agar tidak meresap ke dalam. Setelah mengguyur dengan sabun pada permukaan jok, segera lap dengan kain secara hati-hati sampai semua kotoran tidak terlihat lagi.

Merawat Dashboard pada Mobil

Bagian dashboard juga perlu dibersihkan dengan cairan pembersih khusus secara rutin. Pelapis yang ada di dalamnya harus dijaga agar tahan lama. Bagian ini rawan terkena debu atau air karena terletak pada bagian luar.

Untuk merawat bagian satu ini, jangan meletakkan benda sembarangan di atasnya. Misalnya benda-benda tajam yang dapat menggores permukaannya atau benda lain yang bisa mengotori dashboard. Segera bersihkan dengan lap basah dan kering jika bagian tersebut terlihat kotor.

Membersihkan Karpet pada Mobil

Karpet pasti cepat kotor karena selalu diinjak. Dalam kurun seminggu saja, karpet mobil bisa penuh dengan kotoran dan debu menempel. Jika tidak segera membersihkannya, maka akan menimbulkan bau dan penampilan yang terkesan kotor.

Segera bersihkan karpet mobil meskipun kotoran masih tidak terlalu tebal. Caranya dengan mencucinya secara rutin menggunakan sabun dan sikat yang aman. Bersihkan dengan hati-hati sampai ke sela-sela agar benar-benar bersih dan jangan sampai bahan karpet tersebut jadi rusak.

Merawat Kaca

Kaca merupakan bagian yang cukup penting pada kendaraan. Mulai pada kaca depan mobil, kaca jendela mobil, kaca lampu, kaca spion, dan kaca interior. Jika bagian ini kotor, maka akan membuat penampilan kendaraan menjadi tidak menarik. 

Kotoran seperti debu, cipratan air, jamur sangat gampang menempel pada kaca. Oleh karena itu lakukan pengelapan dengan rutin menggunakan cairan pembersih kaca. Gunakan kain berbahan halus agar tidak merusak kaca. 

Jika perlu, pasang stiker bening untuk melindungi permukaan kaca-kaca tersebut. Selain kaca mobil, kaca spion pada motor juga perlu dibersihkan dengan baik.

Lakukan Service Berkala

Service sangat penting agar kendaraan bisa tetap baik performanya. Selama service, bagian yang perlu diperbaiki akan diperbaiki oleh para ahlinya. 

Selain itu, jangan lupa ganti oli secara rutin, agar kendaraan pun tetap baik kondisinya. Ini berlaku baik untuk motor maupun mobil

0 Response to " Begini Tips Perawatan Kendaraan Suzuki Yang Disarankan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel